Monday, August 20, 2018

Makanan yang Cocok pada Saat Sakit Gigi

Makanan yang Cocok pada Saat Sakit Gigi 

Pada saat sakit gigi, Peristiwa bersentuhan dan saling menekan antara gigi bagian atas dengan bagian bawah akan membuat ngilu yang tak tertahankan, dan ini terjadi ketika mengunyah makanan yang membutuhkan kunyahan ekstra.
Bahkan, kita harus memiring-miringkan kepala kita untuk memposisikan makanan yang sedang kita kunyah agar tidak masuk ke bagian gigi kita yang sedang merasakan sakit.

Di bawah ini ialah makanan yang diarahkan untuk orang yang sedang mengalami sakit gigi.

1. Bubur
Bubur dari bahan beras putih atau merah yang disajikan hangat, ditambah kuah yang tidak pedas, atau santan untuk bubur beras merah, sangat cocok untuk orang yang mengalami sakit gigi. Makan bubur tidak memerlukan kunyahan ekstra, bahkan bisa langsung ditelan, apalagi jika ditambah kuah atau sayur yang di potong kecil-kecil.

2. Roti Tawar dan Susu
Roti tawar dimasukkan ke dalam segelas susu hangat juga enak buat orang yang merasakan sakit gigi.

3. Umbi-umbian Di Rebus Empuk
Makanan umbi-umbian seperti ketela pohon, ketela rambat, kentang, dan sejenisnya, dimasak sampai lunak, cocok juga menjadi makanan favorit penderita sakit gigi.

4. Telur Rebus
Jika suka makan telur dan tidak mempunyai alergi memakannya, ini juga bagus untuk makanan saat sedang sakit gigi. Efek membahagiakannya lebih terasa jika direbus daripada digoreng.

5. Buah dan Sayur
Buah dan sayur bagus untuk yang sehat giginya, apalagi yang sedang sakit gigi. Caranya bisa dengan dibuat jus. Buah-buahan yang lunak seperti pepaya, semangka, tomat, tidak harus dibuat jus.
Akan tetapi buah yang sedikit keras atau berserat seperti apel, mangga, jambu biji, sebaiknya dibuat jus supaya saat memakannya tidak perlu menguyah yang mengakibatkan gigi yang sedang sakit bersentuhan dan saling menekan.

Jadi intinya, semua makanan bagi penderita sakit gigi harus disajikan dalam bentuk lunak dan mudah untuk ditelan. Sekecil mungkin proses mengunyahnya dan menambahkan nutrisi yang terkandung di dalam makanan.

Bagi yang sedang merasakan sakit gigi, membaca tulisan ini tentu tidak akan mengurangi penderitaan anda, tapi paling tidak, tulisan ini bisa merangsang pikiran yang sedang buntu karena efek ngilunya sakit gigi, untuk segera bertindak jika waktu makan sudah tiba, dan rasa lapar melanda.