Wednesday, August 22, 2018

Pemeriksaan dan Pengobatan Gigi Bungsu

Pemeriksaan dan Pengobatan Gigi Bungsu

Pemeriksaan yang dilakukan untuk masalah gigi bungsu didasari dengan pemeriksaan fisik, terutama posisi gigi bungsu. Pemeriksaan tersebut perlu didampingi dengan pemeriksaan rontgen pada gigi guna melihat citra gigi secara lebih lenkap.

Peristiwa yang terjadi pada gigi, seperti pembusukan gigi, perikoronitis, abses gigi,atau kista dan tumor pada gusi perlu ditangani dengan pemberian cairan pembersih antiseptik dan obat antibiotik  Pengobatan ini biasanya dapat mengatasi masalah yang terjadi pada gigi dan gusi. Tetapi jika masalah gigi bungsu masih mengganggu, maka bisa dilakukan tindakan pencabutan gigi bungsu.

Prosedur pencabutan didasari dengan pemberian anastesi lokal di sekitar gusi tempat gigi bungsu berada. Pencabutan gigi bungsu bisa dilakukan dengan memotong sebagian kecil dari gusi atau memotong gigi bungsu menjadi potongan lebih kecil sebelum dicabut. Prosedur pencabutan gigi bungsu membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Pencabutan gigi bungsu, mempunyai beberapa efek samping seperti nyeri, wajah dan mulut menjadi bengka, mulut terasa geli, serta rahang terasa kaku. Pada masa ini, disarankan untuk menghindari aktifitas berat selama beberapa hari, jangan merokok atau menghindari minuman beralkohol,  mengonsumsumsi makanan yang lembut atau cair, serta mengonsumsi  obat pereda sakit seperti ibuprofen atau parasetamol jika diperlukan. Usaha itu bertujuan untuk meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman serta mempercepat pemulihan. Masa pemulihan ini memerlukan waktu sekitar dua minggu.