Sunday, August 26, 2018

Makanan yang Harus Dihindari Saat Sakit Gigi

Makanan yang Harus Dihindari Saat Sakit Gigi

Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang bisa saja datang secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu. Selain disebabkan karena adanya kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang (karies gigi), gigi goyang, peradangan gusi, gusi bengkak, dan lain sebagainya. Umumnya sakit gigi juga bisa terjadi karena faktor makanan yang anda konsumsi.

Saat seseorang belum pernah merasakan sakit gigi yang begitu parah. Berbagai makanan dan minuman seakan terus dikonsumsi tanpa memperhatikan kesehatan gigi. Hal inilah yang membuat sakit gigi sehingga sulit untuk diredakan. Jika saat ini anda mempunyai permasalahan pada kesehatan gigi, maka perhatikan beberapa makanan yang dapat merusak gigi semakin parah.
Berikut daftar makanan yang harus dihindari saat sakit gigi:




Makanan dan Minuman yang Dingin

Kalau selama ini anda ialah orang yang suka mengkonsumsi makanan atau minuman yang diambil langsung dari lemari pendingin. Maka sebaiknya jauhi kebiasaan tersebut. Saat kerusakan gigi sudah anda alami dan beberapa kali sering munculnya rasa sakit, maka tingkat kesensitivan gigi akan semakin parah. Jika anda terus mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat dingin. Maka tidak menutup kemungkinan jika rasa sakit akan terus anda alami dan membuat kerusakan gigi lebih parah lagi. Selain itu, makanan atau minuman yang dingin juga dapat menjadi penyebab gigi sensitif.




Makanan yang Manis
Makanan yang bersifat manis seperti gula, coklat, permen, dan lainnya umumnya menjadi penyabab sakit gigi bertambah lebih parah. Saat anda memiliki masalah pada gigi seperti gigi berlubang besar atau yang lain sebagainya. Maka sangat tidak mungkin jika masalah gigi tersebut semakin parah lagi. Lubang yang permulaannya tidak terlalu besar, dengan seringnya mengkonsumsi makan-makanan yang manis, maka akan menimbulkan lubang yang bertambah besar dan kerusakan yang semakin mendalam. Untuk itu, hindari makanan yang menyebabkan gigi berlubang yang satu ini.



Makanan dan Minuman yang Terlalu Panas
Selain makanan dan minuman yang menjadi pantangan gigi sensitif, sifat dari makanan atau minuman yang terlalu panas pun ternyata juga dapat mengakibatkan sakit gigi. Saat anda mengkonsumsi makanan atau minuman dalam keadaan panas, maka rasa ngilu pada gigi akan lebih cepat kambuh kembali. Jika tidak ingin mengalami sakit gigi, maka sebaiknya hindari pengkonsumsian makanan atau minuman yang masih dalam keadaan panas. Selain itu, makanan atau minuman yang panas juga dapat menyebabkan gigi hipersensitif semakin parah. Perhatikan juga makanan penyebab gigi ngilu.

Makanan yang Asam
Makanan yang bersifat asam sebaiknya juga dijauhi bagi penderita sakit gigi. Biasanya makanan ini lebih banyak terkandung pada buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Meskipun memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Namun, pengkonsumsian buah yang bersifat asam secara berlebih justru dapat menimbulkan masalah pada gigi. Dimana buah yang bersifat asam akan mengikis lapisan enamel gigi yang membuat gigi semakin rentan terhadap kerusakan. Selain itu, makanan ini juga dapat mengakibatkan gigi berlubang berdarah besar yang semakin parah.




Makanan yang Mengandung Cuka
Makanan yang mengandung cuka, selain memiliki rasa asam ternyata juga kurang baik untuk para penderita gigi berlubang. Kandungan cuka cenderung membuat gusi menjadi bengkak dan menyebabkan rasa nyeri pada gigi. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung cuka untuk meminimalisir terjadinya sakit gigi yang lebih parah lagi. Selain itu menjadi penyebab mulut terasa asam dan penyebab gigi hitam.



Makanan dengan Tekstur Keras
Saat sakit gigi, tentu permukaan gigi akan lebih cepat terasa ngilu saat digunakan untuk mengunyah makanan. Bagi penderita sakit gigi, makanan dengan tekstur kasar seperti daging, dendeng, keripik, atau lainnya. Maka sebaiknya dihindari untuk meminimalisir terjadinya sakit yang lebih parah lagi. Selain itu, malamam dengan tekstur yang kasar juga perlu diperhatikan bagi pengguna kawat gigi 



Makanan dari Olahan Tepung
Makanan yang menyebabkan gigi berlubang yang berasal dari olahan tepung seperti kue, biskuit, roti dan sebagainya ternyata juga dapat memicu terjadinya sakit pada gigi. Kandungan pati yang terdapat di dalam tepung akan lebih cepat menempel pada bagian gigi dan gusi. Selain itu, pati memiliki kandungan gula yang tidak baik untuk kesehatan gigi anda. Apalagi jika sebelumnya anda sudah memiliki riwayat sakit gigi berlubang dan sebagainya.



Minuman Bersoda
Makanan yang harus dihindari saat sakit gigi juga berasal dari minuman bersoda yang sering anda konsumsi sehari-hari. Minuman bersoda selain memiliki kandungan gula, ternyata juga memiliki kandungan asam sitrat dan posfor yang dapat mengikis lapisan gigi. Jika anda termasuk orang yang suka dengan minuman bersoda, maka sebaiknya mulailah tinggalkan minuman yang satu ini karena bisa menjadi makanan yang membuat gigi kuning. Atau anda bisa mencegahnya dengan rutin berkumur setelah mengkonsumsi minuman bersoda. Baca juga: bahaya obat kumur yang sering anda gunakan selama ini.



Sakit gigi bukan hanya ditimbulkan dari masalah kerusakan gigi semata, melainkan juga dari makanan dan minuman yang anda konsumsi setiap hari. Makanan yang harus dihindari saat sakit gigi ini harus benar-benar anda perhatikan agar sakit gigi tidak datang untuk yang sekian kalinya.