Wednesday, August 15, 2018

Efek Gigi Geraham Tumbuh pada Orang Dewasa


Efek Gigi Geraham Tumbuh pada Orang Dewasa 

Gigi geraham adalah salah satu jenis gigi yang bisa tumbuh di usia remaja hingga dewasa muda. Itulah yang sering dikatakan sebagai gigi geraham bungsu atau gigi bungsu, hal itu dikarenakan tumbuhnya paling akhir. Gigi geraham bungsu seringkali tumbuh pada usia sekitar 18 hingga 25 tahun. Tetapi setiap orang juga memiliki fase yang berbeda. Bisa saja Gigi Bungsu baru tumbuh pada orang yang sudah berusia 30 tahun. Sering kali dikatakan banyak efek gigi geraham jika tumbuh  dan sangat perlu diwaspadai. Disini beberapa efek sampingnya.

Rasa nyeri
Salah satu efek samping gigi geraham tumbuh pada orang dewasa ialah timbulnya rasa nyeri. Rasa nyeri ini bisa timbul di gusi atau rahang. Kenyataannya rasa nyeri yang timbul akibat efek gigi geraham tumbuh ini memang perlu diperhatikan. Karena dapat mengakibatkan tumbuhnya gigi tidak tepat posisinya sehingga dapat mengakibatkan rasa sakit akibat syaraf terpengaruh.

Pembengkakan
Efek gigi geraham tumbuh lainnya yang sering kita rasakan ialah timbulnya pembengkakan dan warna kemerahan pada gusi tempat dimana tumbuhnya gigi. Sering kali terjadi pada gusi sebelum gigi tumbuh ke permukaan gusi. Jika gigi geraham tumbuh, gusi memang akan membengkak dan disertai dengan rasa yang tidak nyaman. Pembengkakan ini dapat dirasakan dengan menggunakan lidah untuk meraba bagian dalam gusi, khususnya di pangkal rahang dimana gigi bungsu akan tumbuh. Namun pembengkakan atau peradangan ini akan mengempis seiring berjalannya waktu.

Gusi robek
Tumbuhnya gigi geraham bungsu juga sering memberikan Tanda-Tanda Gigi Geraham Bungsu Tumbuh berupa gusi yang nampak robek. Robeknya gusi ini ialah tanda bahwa gigi bungsu akan segera tumbuh. Jadi intinya ini sering juga disebut sebagai pericoronal flap. Tapi kondisi ini masih merupakan kondisi normal sehingga tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan.

Gusi berdarah
Beberapa orang juga mungkin saja mengalami gusi berdarah saat gigi bungsu tumbuh. Darah ini dapat timbul dari sekitar gusi dimana gigi akan tumbuh. Kondisi ini memang sering terjadi. Akan tetapi gusi berdarah juga bisa diakibatkan oleh hal lain, misalnya sariawan, penyakit pada gusi, atau cedera pada gusi.

Sulit membuka mulut
Sewaktu gusi bagian belakang merasakan pembengkakan akan tumbuh gigi geraham, bisa jadi akan timbul kesukaran dalam membuka mulut. Tetapi gangguan ini biasanya hanya terjadi selama beberapa hari. Ketika kondisi ini terjadi, Anda disarankan untuk minum menggunakan sedotan guna mengurangi rasa sakitnya.

Infeksi
Infeksi ialah efek gigi geraham tumbuh yang perlu dijaga. Gigi geraham bungsu yang tumbuh  mempunyai risiko Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Miring atau Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Tidur. Kondisi ini yang perlu diwaspadai, karena pertumbuhan gigi yang tidak normal dapat menciptakan kantung atau ruang kecil di bawah flap perikoronal. Hal ini akan mengakibatkan bakteri gampang bertambah banyak di sana dan mengakibatkan infeksi.


Gigi bungsu mendorong gigi lain
Salah satu efek samping dari tumbuhnya gigi bungsu ialah gigi bungsu yang bisa mendorong gigi di sebelahnya sehingga begitu sangat mengganggu. Pada kasus ini, gigi geraham bungsu kebanyakan akan dicabut oleh dokter gigi, karena bisa membahayakan kesehatan gigi di sebelahnya.