Friday, August 17, 2018

Cara untuk Mengatasi Nyeri Tumbuhnya Geraham Bungsu

Cara untuk Mengatasi Nyeri Tumbuhnya Geraham Bungsu

Semua orang pasti pernah mengalami sakit gigi karena tumbuhnya gigi geraham bungsu. Rasa nyeri yang terjadi bisa sampai membuat tidak bisa makan dan tidur. Gigi geraham bungsu atau geraham molar sering kali disebut sebagai third molar atau wisdom teeth.

Peradangan pada gigi kerap terjadi diakibatkan karena adanya bakteri dari makanan yang terperangkap di celah gigi. Sakit Nyeri dapat mengakibatkan rahang susah untuk dibuka dan dikatupkan. Dan itu membuat makan jadi terganggu. Berikut cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi nyeri tersebut.

1. Berkumur dengan air garam hangat
Berkumur dengan air garam ialah cara paling cepat untuk meredakan nyeri gigi geraham bungsu. Caranya, tambahkan kurang lebih 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu diaduk hingga larut. Larutan ini digunakan untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit. Kegiatan berkumur dilakukan 3 hingga 4 kali sehari. Sering kali dilakukan setelah gosok gigi dan setelah makan.

2. Berkumur dengan obat kumur yang mengandung clorhexidine
Kalau radang yang terjadi sudah terlalu parah, diperlukan antiseptik dengan daya yang lebih kuat. Salah satu antiseptik mulut yang banyak beredar adalah clorhexidine. Biasanya ini dijual bebas dalam bentuk larutan. Dosis chlorhexidine untuk berkumur biasanya adalah 10-15 mL larutan, 2 kali sehari

Setelah berkumur dengan clorhexidine, tidak diperbolehkan untuk berkumur lagi dengan air, makan dan minum, serta menggosok gigi selama kurang lebih 10-20 menit. Itu dikarenakan untuk mengoptimalkan kerja clorhexidine di rongga mulut, agar bertahan lebih lama.

3. Kurangi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi
Saat gigi geraham bungsu sedang nyeri, ada baiknya kurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis. Karena gula yang terkandung dalam makanan dan minuman itu bisa menempel di rongga mulut, terutama di daerah yang radang. Karena bakteri suka dengan lingkungan dengan kadar gula tinggi sebagai sumber makanannya, maka radang bisa menjadi lebih buruk. Salah satu solusinya, setelah mengonsumsi makanan dan minuman manis jangan lupa untuk menggosok gigi atau berkumur dengan larutan garam hangat.

4. Kompres dengan es
Jika radang yang terjadi sampai mengakibatkan bengkak, terutama di daerah pipi, kompres es ialah salah satu obat nya. Taruh es batu dalam wadah plastik dan balut dengan saputangan atau handuk kecil, lalu kompreskan selama kurang lebih 15 menit pada daerah yang bengkak.

5. Minum obat pereda rasa sakit
Saat nyeri yang muncul sudah tidak tertahankan, Kamu bisa minum obat penahan sakit yang sakit dibeli tanpa resep dokter. Pilihan yang dianjurkan adalah parasetamol, ataupun obat kombinasi parasetamol, kafein, dan ibuprofen.

Kamu dapat melakukan cara diatas untuk mengatasi nyeri pada gigi geraham bungsu yang sedang tumbuh. Jika radang dan nyeri yang timbul tidak membaik, sebaiknya Kamu segera pergi ke dokter gigi, karena mungkin Kamu membutuhkan antibiotik untuk mengobati infeksi yang mengakibatkan radang dan nyeri tersebut.