Sunday, July 22, 2018

Kebiasaan Penyebab sakit gigi

Kebiasan Penyebab sakit gigi
Kebiasan Penyebab sakit gigi
Jika Anda selama ini sudah rajin gosok gigi tiga kali sehari, berkumur, menyikat lidah, pertahankanlah terus. Kebiasaan menjaga kebersihan mulut dan gigi patut dipelihara seumur hidup. Sejumlah makanan di bawah ini tanpa disadari dapat menyebabkan sakit gigi hingga gigi berlubang. 

Daftar makanan dan minuman penyebab sakit gigi dan gigi berlubang

1. Permen asam
Permen merupakan peringkat pertama sebagai makanan penyebab sakit gigi dan gigi berlubang. Tapi ternyata tidak cuma permen manis bergula yang bisa merusak gigi. Permen asam pun efeknya bisa jauh lebih merusak.

Selain itu, permen asam biasanya memiliki tekstur kenyal yang dapat menempel pada gigi tanpa disadari dalam jangka waktu yang panjang. Sisa permen asam yang menempel ini dapat menyebabkan plak yang lama-lama membusuk menggerogoti gigi jika tidak dibersihkan dengan benar.

2. Soda
Minuman soda mengandung gula yang sangat tinggi, yang pamornya sudah sangat terkenal sebagai penyebab sakit gigi berlubang. Selain itu, sifat sodanya dapat membuat mulut kering. Kondisi mulut kering adalah ladang bagi bakteri jahat untuk semakin melancarkan aksinya merusak gigi.

3. Es batu
Banyak orang yang suka mengunyah es batu sembari menghabiskan minuman dinginnya. Tahu nggak, kebiasaan ini buruk untuk kesehatan mulut dan gigi. American Dental Association menyatakan bahwa mengunyah es bisa merusak email gigi sehingga gigi jadi lebih sensitif dan rentan patah atau retak. Memaksa mengunyah es batu yang keras juga bisa membuat gigi lama-lama melonggar dan rentan copot.

4. Buah kering
Meski namanya buah, tetapi buah kering tetap berbeda dengan buah segar. Kismis, aprikot, plum, sultana, dan buah lainnya yang dikeringkan memiliki tekstur yang sangat manis dan cenderung lengket. Tidak menutup kemungkinan buah tersebut bisa terjebak di sela-sela gigi dan menjadi makanan empuk bagi bakteri. Plak gigi yang menumpuk lama-lama dapat membuat sakit gigi bahkan gigi berlubang.

Pastikan berkumur dengan air atau minum banyak air putih setelah makan buah kering apapun. Setelahnya, sikat gigi dan bersihkan dengan dental floss untuk memastikan tidak ada lagi sisa buah yang tersangkut di celah gigi.

5. Acar
Acar menjadi makanan pelengkap yang sering dicari ketika Anda butuh sesuatu yang segar saat makan berat. Rasa asam cuka acar juga dapat membuat nafsu makan makin meningkat. Acar adalah makanan penyebab sakit gigi nomor satu dibandingkan dengan makanan lainnya.

6. Roti putih
Roti putih ternyata sama bahanya dengan permen. Roti putih mengandug karbohidrat sederhana yang diubah oleh liur menjadi gula. Ketika terselip di gigi, sisa kunyahan roti bisa menghasilkan bakteri untuk bersarang dan berkembang biak. Lama kelamaan bakteri akan membolongi gigi dan menciptakan rasa sakit yang menusuk.

7. Alkohol
Minum alkohol membuat mulut kering dan dehidrasi. Padahal, air liur dibutuhkan mulut untuk membersihkan diri dari sisa-sisa makanan serta melindungi jaringan lunak di mulut dari iritasi dan infeksi.

Jika memang Anda tidak bisa untuk menghentikan  makanan di atas, mulailah mengurangi porsinya sedikit demi sedikit. Pastikan juga Anda tetap menjaga kebersihan mulut dan gigi, serta minum air putih yang banyak untuk mengurangi penyebab sakit gigi anda.